pengumuman sbmptn 1

Tata Cara Cek Pengumuman Akhir Tes UTBK SBMPTN 2022 – 2 gelombang UTBK telah berlalu dan sekarang para peserta tinggal menunggu hasilnya. Pengumuman hasil aksis tes UTBK SBMPTN 2022 ini bisa dicek secara daring melalui laman resmi LTMPT. Bagaimana caranya? Simak artikel ini hingga akhir untuk menemukan jawabannya!

pengumuman sbmptn 1

Ada dua cara yang bisa dilakukan oleh para peserta tes UTBK untuk mengecek hasilnya. Yang pertama dengan menggunakan link resmi dari pihak LTMPT dan kedua dengan menggunakan beberapa link yang disediakan oleh beberapa PTN.

Cara Cek via Link Resmi LTMPT

Berikut ini tata cara cek pengumuman hasil akhir tes UTBK SBMPTN 2022 dengan link resmi:

  1. Buka browser dan kunjungilah link pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id
  2. Selanjutnya akan tampil laman dengan dua isian data yang harus kamu isi dengan nomor peserta dan tanggal lahir serta captcha
  3. Masukkan data-data yang dibutuhkan tersebut
  4. Klik tombol “Cari”
  5. Sistem LTMPT pun akan mencari data yang tepat dan menampilkan hasilnya 
  6. Peserta yang lolos akan mendapatkan ucapan selamat sementara yang tidak lolos akan mendapatkan ucapan permohonan maaf

Itulah cara untuk melihat hasil akhir UTBK SBMPTN 2022 dengan menggunakan link resmi LTMPT. Cara mengecek dengan link alternatif akan diulas pada bagian berikutnya!

 

Cara Cek via Link Alternatif

Saat hari pengumuman hasil UTBK, yaitu 23 Juni 2022 mendatang, trafik ke laman resmi pengumuman akan naik secara tiba-tiba. Hal ini bisa saja membuat gangguan bagi sebagian pengakses. Untuk itulah link alternatif dibuat yaitu guna meringankan beban link pengumuman yang utama.

Berikut ini tata cara cek pengumuman akhir tes UTBK dengan link alternatif:

  1. Buka browser dan akseslah salah satu link pengumuman alternatif, misalnya sbmptn.ugm.ac.id
  2. Setelah itu inputlah data nomor peserta dan juga tanggal lahir, jangan lupa untuk mengisi kode captcha yang benar
  3. Klik tombol “Cari”
  4. Sistem LTMPT akan mencari dan menampilkan data hasil 
  5. Bila lolos, peserta akan mendapatkan ucapan selamat. Bila gagal, peserta mendapatkan ucapan mohon maaf

Ternyata tidak ada bedanya cara mengecek hasil UTBK melalui link utama dan alternatif. Sama-sama membutuhkan 2 data valid yaitu nomor peserta dan tanggal lahir. Perbedaannya hanya link yang diakses saja.

Link Alternatif Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2022

Berikut ini beberapa link alternatif pengumuman UTBK SBMPTN 2022:

  1. sbmptn.untan.ac.id
  2. sbmptn.its.ac.id
  3. sbmptn.undip.ac.id
  4. sbmptn.ui.ac.id
  5. sbmptn.unsri.ac.id
  6. sbmptn.unsyiah.ac.id
  7. sbmptn.unhas.ac.id
  8. sbmptn.ipb.ac.id
  9. sbmptn.ugm.ac.id
  10. sbmptn.itb.ac.id
  11. sbmptn.unair.ac.id
  12. sbmptn.unand.ac.id

Untuk hari H pengumuman nanti, tidak ada salahnya untuk menyimpan link-link alternatif di atas sebagai backup. Kamu bisa screenshot atau bookmark laman artikel ini untuk cara yang lebih praktis agar bisa diakses lebih mudah di lain kesempatan.

 

Kesimpulan

Demikianlah ulasan tata cara cek pengumuman akhir tes UTBK SBMPTN 2022. Hanya dengan nomor peserta SBMPTN dan tanggal lahir yang diinput dengan tepat, maka hasil pun akan terlihat. Pastikan kamu mengecek dengan koneksi internet yang stabil agar tidak ada kendala apa pun. Semoga artikel ini membantumu mengetahui cara cek pengumuman hasil akhir UTBK, ya!