49

Seperti yang kita tahu bahwa ATM yang kena blokir tidak bisa digunakan untuk bertransaksi apapun di mesin ATM. Adapun ciri-ciri ATM yang terblokir adalah munculnya tulisan seperti salah PIN melampaui batas, kartu terblokir.

Kartu ATM yang terblokir paling seringnya diakibatkan karena lupa PIN atau penggun salah memasukkan nomor PIN sebanyak 3 kali meski ingat akan PIN-nya sendiri.

Nah, dua masalah di atas tentu saja memiliki penanganan yang berbeda. Ya, cara atasi ATM terblokir akibat lupa PIN biasanya mewajibkan pengguna untuk mendatangi kantor cabang bank terkait untuk mengurusnya.

Sementara, cara atasi ATM terblokir akibat pengguna salah memasukkan nomor PIN secara berulang dan masih mengingat PIN, penanganannya tentu lebih simple.

Dalam kondisi tersebut, pengguna enggak perlu repot mendatangi bank untuk mengurus masalah ATM terblokir.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini dua tahapan dari cara atasi ATM terblokir secara umum:

Cara Atasi ATM Terblokir lewat Call Center

Untuk mengatasi masalah kartu ATM yang terblokir, kamu sebagai pengguna alat transaksi tersebut dapat menghubungi call center dari bank yang bersangkutan.

Namun yang perlu diingat, bahwa cara ini hanya berlaku jika kamu memang hafal nomor PIN ATM pribadi, namun salah memasukkannya di mesin secara berulang.

Dan berikut cara atasi ATM terblokir via call center:

  • Hubungi nomor call center dari bank penerbit kartu ATM tersebut
  • Siapkan nomor KTP, nomor rekening, dan nomor kartu ATM yang terblokir, agar bank mudah memverifikasi bahwa kamu adalah pemilik dari kartu ATM tersebut.
  • Setelah terhubung pada customer service bank, kamu bisa langsung menyampaikan keluhan seputar kartu ATM yang terblokir.
  • Bank akan melakukan verifikasi untuk mencocokan data diri yang kamu berikan dengan sistem yang ada pada bank tersebut.
  • Jika semua data sudah sesuai dengan sistem bank, selanjutnya pihak customer service akan kembali bertanya apakah pengguna hafal PIN dari ATM yang terblokir itu.
  • Jika iya, maka aktivasi kartu ATM dapat dilakukan melalui sambungan telepon yang dilakukan, dan di tahapan ini pengguna tidak perlu menyebutkan PIN pada customer service.

Proses aktivasi PIN ATM melalui sambungan call center bank biasanya hanya memakan waktu sekitar 1 jam saja. Namun sayangnya, layanan aktivasi ATM yang terblokiri ini berlaku cuma di beberapa bank saja.

Jadi, pastikan kamu benar-benar tahu apakah bank penerbit kartu ATM dapat melayani aktivasi pemblokiran melalui call center atau harus mendatangi kantor cabang bank terdekat. sekian artikel tentang pin atm mandiri terblokir

Kiriman serupa