mengelola big data

Memasuki 2022, inilah momen yang sangat pas untuk bicara soal keputusan bisnis strategis yang akan mempengaruhi keberlanjutan bisnis Anda di masa depan.

Momen-momen ini, menjaga bisnis Anda tetap fokus pada tujuan atau target utamanya sangatlah penting; karena semua bisnis, baik kecil atau besar, berlomba memanfaatkan momen tahun 2022 ini untuk jadi momen pemulihan mereka setelah dihantam Covid19.

Di sinilah Business Intelligence membantu Anda untuk lebih kompetitif dengan cara menganalisis data yang tersedia secara profesional. Apa itu Business Intelligence?

Dari sebelum masa ketika teknologi TI berkembang pesat seperti hari ini, pengolahan dan analisis data terintegrasi di perusahaan sudah dianggap penting dan diprediksi akan menjadi masa depan bisnis.

Kini, terbukti di era digitalisasi, Business Intelligence menjadi elemen penting dalam kemajuan usaha. Business Intelligence dan pengambilan keputusan di sebuah organisasi tak terpisahkan. Business Intelligence didefinisikan sebagai proses berbasis teknologi yang menganalisis data dan menyajikan informasi untuk membantu eksekutif, manajer, dan pengguna lain membuat keputusan bisnis yang terinformasi dan dioptimalkan

Dalam praktiknya, Business Intelligence melibatkan metode, aplikasi, atau bahkan alat yang memungkinkan perusahaan mengumpulkan data dari sistem dan sumber lain, menganalisisnya, mengembangkan kueri, dan membuat laporan dan visualisasi; itu kemudian membuat hasil analisis dapat diakses oleh pengambil keputusan dan staf operasional.

Apa saja keuntungan penerapan Business Intelligence di organisasi?

  • Business Intelligence berperan mengoptimalkan area bisnis melalui peningkatan akses ke data perusahaan dan kemudian menggunakan data tersebut untuk meningkatkan profitabilitas.
  • Business Intelligence membantu perusahaan memperoleh wawasan tentang proses bisnis mereka dengan menganalisis data yang mereka kumpulkan. Ini dapat digunakan untuk membuat keputusan strategis yang meningkatkan produktivitas, meningkatkan pendapatan, dan mendorong pertumbuhan.
  • Business Intelligence membantu sebuah organisasi mengelola Big Data┬ádan memberikan hasil analisis yang penting untuk membuat keputusan strategis yang visioner, daripada hanya yang reaktif sekadar merespons apa yang ada di depan mata.

Sejak istilah itu pertama kali pertama dikenal oleh industri, Business Intelligence berkembang pesat. Volume data meledak dan semua orang mendapat akses ke cloud. Spreadsheet digantikan oleh visualisasi data dan dasbor, sudah terjadi demokratisasi akses ke data sehingga analitik tingkat lanjut tidak lagi hanya untuk analis data.

Maka, sebagai bisnis yang mau terus kompetitif hingga ke depannya, Business Intelligence bukan lagi masalah perlu atau tidak perlu – yang harus kita fokuskan saat ini adalah bagaimana solusi Business Intelligence terbaik untuk organisasimu.

Diskusikan persoalan Business Intelligence untuk organisasimu dengan Telkom DWS, agar Anda dapat mengoptimalkan pendekatan Business Intelligence terbaik untuk kebutuhanmu yang unik.

Kiriman serupa