kampas rem mobil korea

Kapan Kampas Rem Mobil Korea Harus Ganti?

Kampas rem mobil korea harus ganti onderdil sesuai dengan waktu ideal dan pastikan tidak melebihi batas waktunya. Sistem pengereman merupakan bagian yang sangat penting bagi mobil. Sebab sparepart kampas rem berhubungan dengan keselamatan penumpang yang ada di dalam mobil.

Kapan KAMPAS REM MOBIL korea Harus Ganti Di Waktu Yang Tepat

Pengguna mobil yang terus-menerus membuat kinerja dari suku cadang rem menjadi menurun. Dengan begitu membuat daya cengkarnya dalam menghentikan roda menjadi berkurang. Maka dari itu penting untuk melakukan penggantian kampas agar pengereman lebih optimal.

Waktu yang tepat dalam mengganti onderdil kampas rem pada mobil dengan melihat jarak tempuhnya. Jika sudah mencapai 35.000 KM hingga 40.000 KM sebaiknya segera mengganti kampas rem mobil. Namun untuk kendaraan manual penggunaan paling lama hingga 70.000 KM.

Hal ini juga bisa dengan melihat posisi kampas rem, jika sudah terhimpit pada piringan artinya kampas sudah aus. Tanda kampas rem mobil korea harus ganti ini bisa dicek dengan mudah tanpa harus ke bengkel suku cadang. Sehingga rem menjadi tidak cakram dan fungsinya tidak bekerja secara optimal.

Ciri Kampas Rem Mobil korea Harus Diganti

  1. Pijakan Rem Makin Dalam

Ciri yang mudah terlihat sebagai pertanda bahwa onderdil kampas rem harus ganti adalah ketika menginjak pedal rem. Rasanya pijakan rem semakin dalam dan kekuatan untuk mengerem pun tidak terlalu pakem. Maka hal itu menandakan kinerja dari pengereman mobil telah berkurang.

Penyebab pengereman tidak maksimal bisa terjadi karena sparepart kampas rem sudah makin tipis. Rem mobil mempunyai sistem pegas pengendali. Sehingga sejauh piston mobil ini bergerak akan langsung kembali pada posisi semula dengan cara otomatis.

kampas rem mobil korea

  1. Muncul Bunyi Gesekan Logam Ketika Menginjak Rem

Ciri kampas rem mobil korea harus ganti ditandai dengan adanya kemunculan suara berdecit. Bunyi ini akan terdengar saat menginjak rem dan mengindikasikan bahwa onderdil kampas rem sudah menipis. Dengan begitu pemilik mobil harus segera mengganti kampas rem dengan yang baru.

Kemunculan bunyi berdecit dikarenakan terdapat gesekan antara logam dengan cakram rem. Sebab sudah tidak ada lapisan lagi dengan sparepart kampas rem. Sehingga komponen ini hanya meninggalkan bagian besinya saja yang saat bergesekan akan menimbulkan suara berdecit.

  1. Rem Bergetar Saat Diinjak dengan Kecepatan Tinggi

Kondisi rem yang bergetar ketika diinjak artinya onderdil kampas rem sudah sangat tipis. Penyebab pedal rem mulai bergetar dikarenakan permukaan kampas tidak rata lagi. Di bagian piringan cakram rem tidak bisa mencengkeram secara sempurna.

Maka dari itu hasilnya adalah getaran yang pengemudi rasakan ketika melakukan pengereman. Hal ini juga bisa menimbulkan masalah lain berupa getaran tidak hanya terasa pada pedal rem namun sampai ke setir. Dalam kondisi ini sudah sangat parah dan perlu diganti.

  1. Minyak Rem Turun

Kampas rem yang sudah menipis bahkan habis membuat minyak rem semakin berkurang. Cara melakukan pengecekan dengan membuka kap mobil dan jika tidak ada kebocoran maka penyebab utamanya adalah kampas rem.

Kondisi kampas rem yang sudah habis akan membuat piston bergerak lebih jauh untuk keluar. Sehingga menambah ruang hidrolik dalam kaliper dan menyebabkan minyak rem turun. Maka segera ganti kampas rem yang sudah habis agar tidak merusak komponen yang lain.

Waktu ideal kampas rem mobil korea harus ganti bisa melihat seberapa jauh jarak yang sudah ditempuh oleh mobil. Namun pada kondisi tertentu terdapat ciri khusus yang menunjukkan harus mengganti sparepart kampas rem. Dengan demikian ada beberapa pertimbangan yang dilakukan untuk menentukan waktu yang tepat.

Kiriman serupa