6 1

Salah satu manfaat terbesar dari penggunaan customer relationship management atau CRM adalah memberikan kita kemampuan analisa dan otomatisasi secara sekaligus.

Kedua manfaat ini tentunya akan meningkatkan produktivitas dan menghemat banyak waktu saat melayani pelanggan dari hari ke hari.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum begitu paham dengan CRM yang satu ini, yang padahal penting dimengerti dan diimplementasikan di zaman modern seperti sekarang.

Maka dari itulah, agar lebih memudahkan saat menjelaskannya, mending kita lihat contoh CRM dan manfaatnya yang sering digunakan oleh perusahaan menengah hingga besar.

Respon Pelanggan Lebih Cepat

Komponen paling penting dari CRM adalah memastikan setiap pelanggan yang mendatangi kita bisa direspon dengan cepat dan menerima tanggapan sebaik mungkin.

Misalnya, ketika sang pelanggan mengirimi kita email mengenai tenggat waktu pengiriman yang terlewat atau menerima produk yang salah, maka kita dapat mengatur platform CRM untuk mengotomatiskan ‘respon langsung’ sehingga pelanggan merasa tenang dan tak panik saat dihadapkan dengan masalah klasik tersebut.

Mengaktifkan Analisa Bisnis

Selanjutnya dalam dunia bisnis dan customer service, data bisa menjadi komoditas yang begitu penting karena bisa mengidentifikasi setiap kesalahan dan masalah dengan lebih cepat.

Salah satu contohnya adalah kemampuannya dalam menganalisis segmen pelanggan yang pernah mengalami masalah dengan produk tertentu.

Mengelola Umpan Balik Pelanggan

Contoh lain dari penggunaan CRM adalah mengelola umpan balik atau feedback dari pelanggan. Ini karena ada sifat pelanggan yang suka mengirimkan masukan kepada perusahaan kita.

Sebagai perusahaan besar, melayani pertanyaan dan keluhan pelanggan saja bisa bikin kewalahan, apalagi harus memikirkan saran dan feedback mereka.

Namun dengan sistem CRM, semuanya bisa dilakukan dengan cepat berkat otomatisasi yang ditawarkannya tersebut.

Mengkoordinasi Antar Aplikasi

Mungkin ini menjadi salah satu contoh yang terbaik dari CRM, karena kita bisa menyingkronkan lebih dari satu aplikasi sehingga bisa melihat berbagai macam tugas hanya dalam satu kali lirikan saja.

Adapun beberapa aplikasi yang dapat dikoordinasikan diantaranya ponsel, kalender, pelaporan, kotak masuk, dan masih banyak lagi.

Kiriman serupa