cara ternak kelinci untuk pemula

Menjalankan cara ternak kelinci untuk pemula tidaklah sulit. Selain potensi keuntungannya yang cukup menggiurkan, target pasar hewan ini juga cukup luas. Apalagi banyak restoran dan rumah makan yang membutuhkan suplai kelinci untuk menu masakan mereka.

Perlu diketahui kelinci-kelinci di peternakan ini bisa berasal dari Indonesia maupun hasil persilangan dengan negara lain seperti Australia, Belanda, Amerika Serikat dan Inggris.

Sebaiknya bisnis peternakan kelinci ini mulai dirintis secara serius sejak delapan tahun silam. Usaha ini didukung oleh kegemaran memelihara hewan jinak berbulu tebal. Adapun cara beternal kelinci agar sukses adalah sebagai berikut.

Cara Ternak Kelinci

Lantas bagaimana sih cara ternak kelinci untuk pemula untuk usaha yang berhasil? Yuk langsung saja simak paparan selengkapnya berikut ini.

Menentukan Laba

Mencari laba dan keuntungan, memungkinkan kunci sukses yang harus anda perhatikan supaya ternak kelinci yang sedang anda rintis mampu berjalan dengan sempurna. Kelinci termasuk salah satu hewan ternak paling produktif di dunia.

Dalam satu induk kelinci yang memiliki produktifitas bagus, bisa menghasilkan anakan yang berkisar 7-15 ekor setiap kali beranak. Hal ini hanya membutuhkan beberapa bulan saja, semua tergantung dari pola ternak maupun tata cara yang diterapkan para peternak.

Begitu juga soal pakan penting diperhatikan. Anda bisa membelinya dari grosir pakan ternak ayam dan unggas untuk mendapatkan harga yang lebh murah.

Memilih Induk Kelinci Sehat

Kunci sukses merupaka dengan memilih indukan yang akan digunakan sebagai ternak kelinci. Menentukan dan mengetahui induk kelinci sehat. Anda bisa menggunakan beberapa cara dan dari ciri fisik yang terdapat pada kelinci tersebut.

Agar indukan kelinci mampu beranak banyak, salah satu kunci utamanya adalah melihat asal-usul indukannya. Tetapi jangan mengawinkan induk yang masih satu keturunan dengan indukan yang baik dan normal.

Persiapan Tempat

Hal yang selanjutnya bisa anda lakukan untuk adalah dengan melakukan persiapan tempat. Anda bisa membuat kandang secara mandiri dengan bambu dan juga kayu yang bisa anda bangun dilingkungan sekitar.

Bangunlah kandang yang sesuai dengan jumlah kelinci yang nantinya akan anda budidayakan, sehingga tidak melebihi kapasitas.

Itulah uraian singkat tentang cara ternak kelinci untuk pemula untuk usaha yang berhasil. Dengan menjalankan usaha ini bisa menjadi sumber pemasukan bagi keluarga tercinta.

Kiriman serupa