cara merawat ikan koi

Cara merawat ikan koi membutuhkan ketekunan. Meski begitu tidak sulit memelihara ikan cantik ini sebagai hiasan interior atau outdoor di halaman rumah.

Ikan koi kerap ditemui di rumah-rumah di perkotaan. Ikan koi berasal dari Jepang yang dipercaya dapat membawa keberuntungan. Ikan koi adalah ikan yang jinak dan sangat bagus.

Sebagian orang menganggap bahwa merawat ikan koi adalah pekerjaan yang sulit. Padahal merawat ikan koi tidak sesulit yang kebanyakan orang kira. Merawat ikan koi adalah aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan di waktu senggang.

Cara Merawat Ikan Koi

Lalu, bagaimana cara merawat ikan koi? Berikut ulasan selengkapnya:

Pastikan Kolam Koi Memadai

Sebagai tempat hidup ikan koi maka kolam harus diperhatikan dengan cara mengecek kondisi air dan kolam.

Kolam sebetulnya tidak ada patokan khusus namun pastikanlah klam tidak terlalu lebar dan juga tidak terlalu sempit sehingga ikan koi dapat bergerak dengan leluasa nantinya. Sekitar 50 cm adalah kedalaman minimal bagi ikan koi. Sebagian bahkan ada yang membuat kolam koi 1,5 – 2 meter.

Kolam juga harus dilengkapi dengan filter air untuk menjaga agar air dalam kondisi bersih dan terawat. Filter akan menyaring kotoran halus yang dapat beresiko menghasilkan amonia.

Pastikan Beli Hanya Ikan yang Sehat

Perawatan ikan koi yang juga penting adalah membeli ikan dari toko ikan koi. Penjual koi yang terpercaya biasanya khusus jual bibit ikan koi dan mempunyai kolam karantina koi.

Koi harus dikarantina kemudian baru dapat dimasukan ke kolam baru agar dapat beradaptasi dengan kondisi barunya itu. Janganlah tergiur denga harga murah yang ditawarkan sebab dikhawatirkan ikan koi yang dijual tersebut tidak sehat.

Memelihara Kolam dan Filter

Meskipun telah ada filter untuk menyaring air kolam, namun sebaiknya lakukanlah penggantian air dengan cara mengurangi air hingga tersisa 10 – 20 persen dari volume total.

Dengan demikian maka air yang baru akan menggantikan air lama yang mungkin telah tercampur dengan amonia.

Dalam cara merawat ikan koi, jangan lupa untuk membersihkan filter dan media filter setidaknya 2 – 3 bulan sekali. Jika perlu dapat dilakukann sebulan sekali. Dengan mengganti air di kolam maka ikan koi akan merasa lebih segar dan kesehatan koi lebih terjaga.

Kiriman serupa