beberapa hal yang wajib dihindari ketika mengobati kutu rambut

Banyak metode dan cara menghilangkan kutu rambut, baik itu dengan cara alami maupun dengan menggunakan obat pembasmi kutu rambut. Untuk menghindari bahaya dan menjauhkan diri anda dari ancaman penyakit lain maka ada beberapa produk yang perlu dihindari. Berikut adalah hal-hal yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan agar tidak dilakukan saat mengatasi kutu rambut, antara lain adalah:

  1. Jangan menggunakan dosis tambahan untuk obat kutu rambut yang sudah direkomendasikan atau diresepkan, dengan tujuan agar pengobatan menjadi lebih cepat, perhatikan bahwa penggunaan dosis yang berlebihan bisa berbahaya dan dapat menyebabkan kerusakan parah.
  2. Hindari mendapatkan obat jenis apa pun untuk kutu rambut yang ada di kelopak mata. Jika terjadi kontak dengan mata, maka pastikan danĀ  segera untuk membilasnya dengan air bersih.
  3. Jangan ulangi perawatan terhadap kutu rambut dengan cara yang sama lebih dari dua atau tiga kali. Jika Anda mengulangi menggunkan obat tersebut terlalu sering maka Anda mungkin membangun resistensi terhadap obat.
  4. Jangan menggunakan lebih dari satu obat kutu rambut dalam waktu yang bersamaan. Menggunakan lebih dari satu perawatan pada satu waktu tidak akan bekerja untuk membunuh kutu lebih cepat malah dapat mengakibatkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan.
  5. Jangan mengasapi rumah atau ruang tamu di mana seseorang yang memiliki kutu rambut pernah berada. Fumigasi tidak diperlukan untuk membunuh kutu rambut dan mungkin malah akan beracun bagi orang lain dan hewan peliharaan Anda.
  6. Hindari penggunaan kondisioner. Kondisioner bertindak sebagai penghalang obat kutu rambut.
  7. Jangan gunakan sampo lindane sebagai perawatan lini pertama untuk anak-anak. American Academy of Pediatrics (AAP) tidak lagi merekomendasikannya, karena penggunaan berlebihan dan penyalahgunaan dapat menjadi racun bagi otak atau bagian dari sistem saraf.

Saat anda melakuka perawatan terhadap kutu rambut, maka yang paling penting adalah dengan mengikuti petunjuk dan rekomendasi yang sudah ada dengan hati-hati dan tepat. Gagal mengikuti petunjuk untuk pengobatan dengan obat-obatan adalah salah satu penyebab utama re-infestasi.

Saat ini, tidak ada penelitian ilmiah yang melaporkan bahwa pengobatan rumahan seperti mayones atau fasilitas penghilang nitrit sebagai perawatan kutu yang efektif, jadi CDC merekomendasikan untuk mengikuti instruksi dokter Anda untuk perawatan dan memberi tahu mereka jika perawatan tampaknya tidak berhasil.

Kiriman serupa