gambar unggulan

 

Buah melon memiliki cita rasa manis, banyak air dan sangat menyegarkan. Berbagai macam varian melon dapat dengan mudah kita temui di Indonesia, seperti golden melon, sky melon atau rock melon. Selain lezat, banyak orang membeli melon karena manfaatnya yang luar biasa bagi tubuh.

Mengutip Healthline, setiap 177 gram melon memiliki 64 kalori, 16 gram karbohidrat, 1,4 gram serat, 1 gram protein, 0 gram lemak, vitamin C, B6, K, potasium, folat hingga magnesium.

Vitamin C yang melimpah pada melon berkomponen penting untuk menjaga kekebalan tubuh. Satu porsi melon menyediakan lebih dari setengah Asupan Referensi Diet (RDI) vitamin C yang sangat direkomendasikan ke dalam menu diet.

Selain menjaga imunitas, apa saja manfaat mengonsumsi melon untuk tubuh?

melon min

  • Mengurangi Tekanan Darah

Melakukan program diet dengan banyak porsi buah dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Melon adalah buah yang rendah sodium dan kaya akan potasium, sehingga dapat menjaga tingkat tekanan darah yang sehat.

 

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Melon mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk memperbaiki dan memelihara tulang yang kuat seperti folat, vitamin K dan magnesium.

Asupan vitamin K sangat penting untuk kesehatan tulang. Satu porsi melon menyediakan 6% RDI vitamin K dan 4 persen kebutuhan magnesium harian.

Melon juga mengandung sejumlah kecil nutrisi pendukung tulang lainnya, seperti kalsium, fosfor dan zinc.

 

  • Mengontrol Gula Darah

Studi menunjukkan mereka yang mengonsumsi buah segar setiap hari memiliki kemungkinan 12% lebih kecil untuk terkena diabetes dibandingkan mereka yang jarang makan buah.

Meskipun melon mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan gula darah untuk sementara, melon juga memiliki serat dan nutrisi lain yang dapat meningkatkan kontrol gula darah dari waktu ke waktu.

 

  • Kaya Air dan Elektrolit

Melon adalah buah yang tepat ketika kita sedang dehidrasi. Untuk menjaga tubuh terhidrasi, kita membutuhkan elektrolit yang bisa ditemukan di dalam melon. Honeydew Melon bahkan mengandung sekitar 90% air elektrolit seperti kalium, magnesium, natrium, dan kalsium. Kombinasi nutrisi yang ada di dalam melon bagus dikonsumsi setelah berolahraga, selama sakit, atau ingin menjaga tubuh tetap sehat.

 

  • Menyehatkan Kulit

Mengonsumsi melon dapat mendukung kesehatan kulit karena kandungan vitamin C yang tinggi. Asupan vitamin C sangat berguna untuk produksi kolagen demi memperbaiki dan memelihara jaringan kulit. Selain itu, vitamin C adalah antioksidan kuat sehingga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

 

  • Melancarkan Pencernaan

Melon mengandung serat yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Asupan serat dapat memperlambat respons gula darah dan meningkatkan pertumbuhan bakteri usus yang sehat. Kandungan serat pada melon cukup moderat, sehingga mudah ditoleransi oleh mereka yang memiliki gangguan pencernaan.

 

  • Menjaga Kesehatan Mata

Melon mengandung dua antioksidan kuat, yakni lutein dan zeaxanthin Senyawa ini dapat mendukung kesehatan mata dan mencegah penurunan daya penglihatan pada lansia. Penelitian menunjukkan, mengonsumsi melon secara teratur dapat menunjang fungsi dan kesehatan mata.

Ayo penuhi program diet dengan mengonsumsi melon dan olahannya setiap hari. Pilihlah melon berkualitas super dengan kadar air dan elektrolit tinggi hanya di website dan aplikasi TaniHub. Segera belanja kebutuhan dietmu langsung dari petani di TaniHub dan dapatkan promo menarik setiap minggunya!

 

Kiriman serupa