6 Keutamaan Membaca Doa Setelah Adzan

Bagi umat islam, adzan adalah tanda untuk menyegerakan perintah Allah SWT, yaitu Sholat. Hal itu karena, adzan diyakini mempunyai keistimewaan sendiri. Selain umat islam juga meyakini bahwa tiap adzan mempunyai doa yang harus dipanjatkan untuk menjawab adzan. Mengingat begitu istimewanya adzan bagi umat muslim, simak ulasan di bawah ini tentang keutamaan membaca doa setelah adzan.

1. Diampuni Dosanya

Dalam ajaran agama Islam, mengajarkan bahwa saat adzan dikumandangkan, sangat dianjurkan bagi umat muslim untuk mendengarkan dengan khidmat dan memanjatkan doa setelah adzan selesai dikumandangkan. Dengan memanjatkan doa tersebut, maka kaum muslimin akan diampuni dosanya oleh Allah SWT.

2. Mendapatkan Syafaat

Keutamaan memanjatkan doa setelah mendengar adzan yang berikutnya adalah mendapatkan syafaat. Syafaat sendiri merupakan sebuah pertolongan Nabi atas izin Allah SWT setelah hari kiamat. Keutamaan tersebut tertuang dalam hadits riwayat Bukhari – Muslim.

3. Doanya Mustajab

Berdoa setelah mendengar suara adzan memang sangat dianjurkan. Hal ini tidak lain karena ada beberapa waktu terbaik untuk memanjatkan doa. Salah satunya adalah setelah adzan. Bisa dibilang salah satu waktu terbaik agar doa yang Anda panjatkan diijabah atau mudah dikabulkan adalah diantara adzan dan iqomat.

4. Jaminan Masuk Surga bagi yang Berdoa

Buat kaum muslim yang memanjatkan doa setelah mendengar adzan dengan penuh keyakinan dan hikmat, maka Anda akan memperoleh keistimewaan berupa jaminan masuk surga. Amalan untuk bisa masuk ke surga memang banyak sekali. Namun, salah satu yang mudah dilakukan adalah dengan berdoa.

5. Jadi Saksi Kebaikan bagi yang Berdoa

Bagi yang mengumandangkan adzan maupun yang mendengarkannya saja, keduanya termasuk dalam kategori saksi kebaikan. Saksi kebaikan ini diberikan langsung oleh Allah SWT. Akan tetapi, jika dihubungkan dengan membaca doa setelah mendengarkan atau mengumandangkan adzan, tentunya orang yang melakukannya terlebih dahulu mendengarkannya.

6. Diberikan Shalawat 10 Kali

Adzan memang mempunyai keutamaannya tersendiri, salah satunya adalah menjawab adzan beserta dengan mengumandangkan shalawat ternyata akan mendatangkan kebaikan untuk yang melakukanya. Bahkan, berdasarkan hadits, dengan menjawab adzan beserta dengan membaca shalawat, maka Allah akan melipat gandakan pahalanya menjadi 10 kali lipat.

Gambaran umum orang yang membaca doa setelah mendengarkan adzan akan mendapatkan syafaat setelah hari kiamat. Sebagai tambahan, adzan merupakan sebuah seruan atau panggilan yang akan dikumandangkan untuk mengingatkan umatnya untuk segera melakukan ibadah wajib. Ibadah wajib sendiri dilakukan sebanyak lima kali dalam sehari, yakni subuh, dhuhur, ashar, magrib dan juga isya.

Nah, mengingat hal tersebut, ada baiknya Anda juga mengetahui jadwal sholat yang ada di daerahnya Anda. Jika ditanya, dimana Anda bisa mengetahui jadwal ibadah harian umat muslim tersebut, Anda bisa melihatnya di Orami. Sebuah e-commerce yang saat ini berubah menjadi teman orang tua saat membesarkan anak-anaknya.

Kiriman serupa