oven

Saat ini bisnis roti dan kue semakin maju dan meningkat tajam dengan beragam jenis dan variasi. Hal ini mungkin disebabkan karena makanan tersebut merupakan salah satu makanan pengganti nasi yang kaya akan gizi. Untuk mendukung bisnis tersebut diperlukan sebuah oven untuk membuatnya.

Dengan menggunakan oven, hasil makanan akan lebih cepat matang dan dapat memproduksi kue mulai dari skala kecil hingga besar. Bisnis kue dapat dilakukan dimana saja termasuk di rumah. Berikut ada beberapa jenis oven ynag cocok untuk usaha rumahan mulai dari segi bentuk, ukuran, merk, jenis serta fungsinya.

  1. Oven Konvensional

Jenis oven ini umum ditemui pada rumah-rumah kelas menengah ke atas. Oven ini menyatu pada kompor gas, yaitu letaknya berada di bawah tugku kompor. Oven jenis ini menggunakan tenaga listrik dan juga tenaga gas. Kelebihan dari oven ini dalah memiliki body yang kuat dan kokoh.

Selain itu terdapat pengaturan waktu, suhu dan lampu di bagian dalamnya. Memiliki Ukuran rak yang cukup besar, sehingga mampu menampung kapasitas produksi kue atau roti dalam jumlah yang cukup banyak. Namun jenis oven konvensional memiliki kelemahan yaitu terkadang proses pemanasnnya kurang merata.

  1. Oven Listrik

Jenis oven listrik mengandalkan sumber panas yang berasal dari tenaga listrik. Jenis ini dinilai lebih praktis karena tidak perlu menjaga kestabilan panasnya. Hanya dengan menekan tombol suhu dan waktunya, dan jika telah matang maka oven akan otomatis berbunyi dan mati. Kelemahan dari oven listrik adalah dari segi harga yang tergolong lebih mahal dan membutuhkan tenaga listrik yang cukup besar.

  1. Oven Konveksi

Jenis oven ini hampir mirip dengan oven konvesional yang beredar di pasaran, perbedaannya hanya pada keberadaan kipas di dalam oven.

  1. Oven Gas

Oven gas memiliki harga yang cukup mahal, sehingga cocok digunakan untuk usaha yang sudah berkembang dengan tingkat produksi rutin yang cukup tinggi. Jenis oven ini menggunakan panas yang berasal dari gas elpiji.

  1. Oven kompor

Oven kompor adalah jenis oven yang berada di atas kompor.

  1. Oven Hybrid

Oven jenis ini menggunakan gas sebagai bahan bakar dan listrik untuk mengendalikan kerja oven.

 

 

 

Kiriman serupa